Thursday, November 24, 2011

[Translation] Wawancara Pertama Oguri Shun Dengan Media Cina: Sangat Menghargai Antusiasme Penggemar Di Sana part 1

Pada tanggal 8 November 2011 pukul 13:30, Oguri Shun muncul dalam acara talkshow saluran Sina sebagai tamu khusus, membicarakan pengalamannya selama beraktivitas untuk pertama kalinya di Cina. Walaupun kedatangannya ke Beijing kali ini dirahasiakan, Oguri mengaku sedikit terkejut menyaksikan sendiri begitu besar popularitasnya di Cina. Ia tak pernah menyangka akan menerima sambutan begitu hangat dari penggemar.


Berikut kutipan wawancaranya:


Tentang Cina: Antusiasme Besar Dari Fans; Shun Ingin Belajar Bahasa Mandarin


MC Zhao Ning (ZN): Selamat siang! Selamat datang di acara Sina! Ini adalah siaran langsung antara saya, Zhao Ning, dengan bintang tamu spesial Oguri Shun, aktor ternama dari Jepang. Ya. Para pemirsa online juga mengucapkan "Halo!"


Shun (S): Halo semuanya! Saya Oguri Shun!


ZN: Selamat datang di Beijing dan di acara talkshow Sina.


S: Terima kasih.



ZN: Apakah kamu pernah ke Beijing sebelumnya?


S: Belum. Ini pertama kalinya.


ZN: Lalu kegiatan apa yang akan kamu lakukan setelah mendapat kesempatan berkunjung kemari?


S: Saat ini aku sedang terlibat syuting "Yang Kui Fei". Aku kemari karena sutradara ingin bertemu dengan semua aktor pendukung.


ZN: Senang mendengarnya! Berarti kami bisa menyaksikan penampilanmu dalam film produksi Cina!


S: Terima kasih.


ZN: Kamu menerima banyak sekali cinta dari para penggemar ketika tiba di Beijing kemarin. Banyak orang datang ke bandara khusus untuk melihatmu.


S: Ya. Banyak sekali. Aku sedikit terkejut.


ZN: Tidak menyangka kalau banyak masyarakat Cina yang menyukaimu?


S: Sama sekali tidak terpikir aku punya begitu banyak fans.


ZN: Apa yang paling membuatmu terkesan?


S: Oh! Ini: Aku punya banyak fans di Cina.


ZN: Banyak pendengar ingin menemuimu dan memanfaatkan siaran hari ini untuk menyampaikan rasa cinta mereka padamu. Apa harapanmu pada para penggemar Cina?


S: Kupikir, di masa depan aku bisa mengembangkan karir tak hanya di Jepang, tapi juga seluruh Asia. Mohon dukungan dari para penggemarku di Cina.


ZN: Tentu saja! "Yang Kui Fei" adalah film pertamamu di Cina. Ada rencana khusus untuk mengembangkan karir di sini?


S: Aku belum yakin.


ZN: Apakah kamu tahu banyak tentang film Cina? Ingin bekerjasama dengan artis dan sutradara Cina?


S: Aku ingin berperan dalam banyak jenis film, juga bekerjasama dengan Fan Bing Bing.


ZN: Kemungkinan kerjasama sangat besar karena dia (Fan Bing Bing) beberapa kali muncul di Festival Film Internasional Tokyo, juga meraih penghargaan. Dia juga pernah menjadi juri. Apakah kalian pernah terlibat pembicaraan langsung?


S: Saya sempat bicara dengannya saat festival kemarin. Dia bilang bila ada kesempatan muncul di film produksi Jepang, dia ingin bekerjasama denganku.


ZN: Apa kesanmu pada Fan Bing Bing bila dibandingkan dengan aktris Jepang?


S: Tak ada yang bisa menandingi aktris Jepang, tapi jelas dia adalah seorang wanita cantik.


ZN: Apakah sekarang kamu bisa berbicara Bahasa Mandarin?


S: Sedikit.




Tentang Peran: Shun Tidak Ingin Memerankan Anak SMU Lagi; Berharap Memainkan Peran Yang Lebih Humanis


ZN: Oguri Shun sudah muncul dalam banyak jenis film dan peran, mulai dari siswa SMU, anak muda, polisi, samurai dan sebagainya. Peran apa yang menurutmu paling berkesan?


S: Susah dijelaskan karena ada beberapa peran yang menyerupai karakterku. Tapi saat pembuatan Crows Zero adalah masa paling menyenangkan bagiku.


ZN: Aku sudah menonton "Crows Zero". Aku suka film itu. Tapi jujur, Oguri Shun yang asli sangat berbeda dengan karakter di film itu.


S: Mungkin.


ZN: Lalu mengapa film ini yang meninggalkan kesan mendalam? Kesan apa yang muncul selama proses syuting?


S: Setiap hari syuting adalah saat di mana jantungku berdebar sangat cepat. Rasanya seperti berkelahi setiap hari.


ZN: Itu sebuah kemajuan besar.


S: Terima kasih.


ZN: Setelah Crows Zero 2, apakah akan ada kelanjutannya?


S: Entah apakah aku akan muncul di bagian 3 atau tidak, karena karakter yang kuperankan sudah lulus.


ZN: Bicara soal kesan seorang siswa SMU, Oguri Shun banyak memerankan karakter ini sepanjang rentang tahun 1998 hingga 2009. 11 tahun. Berarti masa SMU-mu cukup lama juga ya.


S: Ya. Cukup lama.


ZN: Baru-baru ini aku membaca beberapa wawancara yang mengatakan kamu kecewa akan sesuatu. Apakah itu karena kamu tidak ingin lagi memerankan siswa SMU?


S: Tahun depan aku sudah menginjak usia 30 tahun. Aneh rasanya kalau masih harus memerankan anak SMU.


ZN: Bagi seorang pria, usia 30 belum merupakan usia yang penting. Menurutmu apa yang ingin kau capai di usia itu dan mengapa?


S: Usia 30 adalah usia matang seorang pria. Aku ingin mengekspresikan esensi seorang pria matang dalam film maupun drama.


ZN: Apa perbedaan antara anak-muda dengan pria dewasa?


S: Tidak tahu. Sulit dijelaskan.


ZN: Sepertinya kamu harus mulai memikirkannya. Untung masih ada waktu setahun lagi, ya.


S: Tak perlu terburu-buru.


ZN: Semoga kamu sudah bisa menjelaskannya dalam wawancara Sina berikutnya tahun depan. Banyak masyarakat Cina mengagumi peranmu di "Hana Yori Dango", drama yang membuat mereka pertama kali mengenalmu. Akting dalam drama ini membuatnya dianggap sebagai karya besar, bukan?


S: Ya. Aku dengar banyak gadis Cina menyukai drama ini.


ZN: Bagaimana pendapatmu sendiri?


S: Bukan hanya sebagai karya besar, menurutku ini juga adalah satu dari drama-drama utama Jepang.


ZN: Kembali ke tahun 2005 saat "Hana Yori Dango" diputar. Apakah kamu masih ingat hal-hal mengesankan selama proses syuting?


S: Banyak adegan "memalukan".


ZN: Kamu yang merasa malu atau memang harus melakukan adegan memalukan?


S: Saat pengambilan gambar, sutradara mengatakan: "Poin paling menggemaskan dari karaktermu adalah rambutmu yang halus seperti boneka." Mendengar itu aku jadi malu.




Bersambung




Sumber berita dan gambar: ent.sina.com (via Trần Phương Lan dari dienanh.net)
Diterjemahkan oleh: talashjt (Bahasa Vietnam --> Bahasa Inggris) dan Micchan (Bahasa Inggris --> Bahasa Indonesia).

1 comment: