Friday, December 9, 2011

[Bibliography] Oguri Shun Sekinin Henshuu ~Shunkan Oguri~

Oguri Shun Sekinin Henshuu
~Shunkan Oguri~
Judul asli: 小栗旬責任編集「旬刊小栗」(Oguri Shun Sekinin Henshuu ~Shunkan Oguri~)
Penerbit: Wani Books
Tebal: 143 halaman
Harga: 1429 yen (belum termasuk pajak)
ISBN: 978-4847042935

Dalam rubrik Bibliography, kami akan mencoba mengulas secara singkat buku-buku yang berhubungan dengan Oguri Shun (bukan majalah ya), mulai dari photobook, buku esay ataupun mook. Semoga bisa sedikit membantu fans yang ingin tahu dan mungkin ingin memiliki buku-buku tersebut. Berikut informasi buku yang saya pilih untuk pertama kali diulas.

Selain sebagai aktor, Oguri Shun juga pernah menjajal kemampuannya sebagai pemandu acara radio. Pada tanggal 3 Januari 2007 ia resmi mengawal acara All Night Nippon produksi Nippon Broadcasting System edisi hari Rabu. Banyak artis maupun sutradara terkenal yang pernah diundang berbincang-bincang dengannya di acara ini, misalnya Fujiwara Tatsuya, Inoue Mao, Narimiya Hiroki, Ikuta Toma, Miike Takashi dll. All Night Nippon (ANN) versi Oguri terbilang cukup sukses, namun ia merasa lama-kelamaan sulit berkonsentrasi pada pekerjaannya sebagai aktor akibat rekaman ANN selalu dilakukan pada malam hari. Akhirnya pada tanggal 31 Maret 2010, episode terakhir ANN dari Oguri pun mengudara. Oguri resmi meninggalkan acara ini.

Suatu hari, Oguri didekati seorang editor yang mengusulkan bagaimana kalau pengalamannya selama memandu ANN dituangkan dalam bentuk buku. Meski sempat menolak, akhirnya Oguri setuju dan terbitlah mook Oguri Shun Sekinin Henshuu ~Shunkan Oguri~ pada 3 Agustus 2010 lalu. Mook yang judulnya agak "narsis" ini (kata 'Shun' dari Shunkan semestinya menggunakan huruf kanji "Shuu" yang berarti "mingguan", tapi malah diganti dengan kanji nama kecil Oguri) memuat sejumlah artikel wawancara yang pernah dilakukan Oguri selama di ANN. Bagi mereka yang pernah menjadi penggemar setia acara ini, artikel-artikel tersebut bisa mengobati kerinduan. Selain itu masih banyak tulisan menarik di dalamnya. Di halaman-halaman awal, pembaca akan dimanjakan dengan sejumlah pin-up Oguri, juga wawancara eksklusifnya dengan dua aktor sebaya yang sering dianggap rival, Fujiwara Tatsuya dan Yamada Takayuki

Nama terakhir terbilang sering hadir di ANN. Oguri bercerita pernah Yamada Takayuki dan Leah Dizon diundang bersama sebagai tamu. Selama wawancara, konon Yamada hanya berani menatap wajah Leah sebanyak 3 kali. Ada juga sisipan komik tentang Oguri yang berubah menjadi super hero dengan iming-iming barang pribadi artis idolanya (siapa hayo?). Lalu bagi pembaca yang belum cukup umur, topik Ero Oguri Shun jelas bukan untuk kalian. Di halaman khusus yang tersegel ini kita bisa menyaksikan sisi konyol Oguri yang dengan tenangnya membicarakan hal-hal berbau ecchi atau mesum. Di luar itu, ada pula halaman khusus kumpulan foto-foto Oguri selama masih tampil di ANN dalam berbagai pose.

Oh ya. Jangan sampai luput memperhatikan bagian bawah halaman mook karena segmen khusus yang diberi judul A Thousand Question about Oguri Shun. Ini adalah rubrik tanya-jawab tentang berbagai hal, mulai dari yang serius, konyol, bahkan ada yang cukup vulgar. Salah satu pertanyaan yang bisa dibilang ngawur adalah: "Waktu kamu masuk ke ofuro (bak mandi ala Jepang), kata pertama apa yang kamu ucapkan?" Jawaban Oguri? Singkat dan jelas: "Aduh!"

Sebagai bonus, disertakan pula CD rekaman wawancara Oguri Shun dengan komedian Okamura Takashi dari grup 99.

Mungkin ada beberapa pihak yang menganggap terbitnya mook Shunkan Oguri hanya sekedar alat mengeruk uang dan ajang narsis seorang Oguri Shun. Tapi bagi saya pribadi, membaca mook ini sungguh memberi kesan baru pada aktor bersangkutan. Saya sama sekali tidak merasakan image seorang idol melekat pada dirinya. Dengan kata lain, Shunkan Oguri cukup berhasil menguak sisi Oguri Shun sebagai cowok biasa, bukan seorang aktor yang banyak digilai kaum perempuan.

Buku ini bisa diperoleh antara lain di:
*   HMV Japan

Ditulis dan diedit oleh Micchan.
Pernah dimuat di majalah Animonster edisi November 2010.

No comments:

Post a Comment