Wednesday, August 31, 2011

[News] Oguri Shun: Mencari Suasana Baru Dengan Membaca dan Menonton Film

Apa yang biasa kalian lakukan di waktu luang? Membaca? Menonton film? Jalan-jalan? Atau malah tidur? Berikut kutipan wawancara Oguri Shun dalam kolom yomiDr di situs online harian Yomiuri tentang apa yang biasa dilakukannya akhir-akhir ini untuk mengisi waktu senggang.

"Saat pekerjaan sudah selesai atau sedang libur, aku menghabiskan waktu dengan menonton film, teater atau membaca buku. Semua film dan lakon teater itu kuanalisa dari sudut pandang seorang aktor. Demikian pula dengan buku yang dibaca, sebagian besar berkaitan dengan seni peran. Memang hobi ini masih berkaitan dengan pekerjaan, namun bagus untuk memperluas wawasan."

Lebih lanjut Oguri menuturkan:

" Dalam sehari, paling sedikit aku menonton satu film (termasuk dari DVD). Jenis filmnya bisa apa saja, baik Eropa maupun lokal. Belum lama ini aku menonton film psycho-suspense Amerika, "Black Swan". Sangat menarik. Tentang buku, aku suka membaca mulai dari novel hingga buku-buku pengembangan diri. Buku favoritku saat ini adalah kumpulan esai karya Kara Juro, "Tokkenteki Nikutai Ron". Saking rumitnya isi buku tersebut, aku sampai berniat membaca ulang."

"Hingga setahun yang lalu, cara bersantai yang paling mantap menurutku adalah dengan minum-minum. Tapi gara-gara sering minum sampai larut malam, aku jadi banyak ketinggalan berita tentang perkembangan seni peran dan peristiwa-peristiwa di dunia. Kalau terus seperti ini, bisa-bisa karirku sebagai aktor akan berakhir buntu. Alhasil, aku mulai banyak mengurangi frekuensi pergi minum-minum."

"Dengan banyak membaca buku dan menonton film maupun lakon panggung, aku berharap bisa mengasah pola pikir dan menjalani hidup secara lebih dewasa, baik sebagai aktor maupun sebagai manusia," demikian Oguri mengakhiri wawancara.

--------------------------------------------------------------
Teks asli oleh: Yasuda Takeharu
Diterjemahkan dan diedit oleh Micchan.
Sumber artikel.
Catatan:
- Black Swan : film tentang penari balet yang diperankan Natalie Portman & Mila Kunis.
- Tokkenteki Nikutai Ron atau Essays on the Privileged Body (1968) adalah telaah Kara Juro tentang cara aktor menggunakan tubuh sebagai media ekspresi di atas panggung teater.
- Slepetan Tori-chan : eh tumben tontonan sama bacaannya serius, bukan manga terus! Benar2 ketonjok sindiran Pakde Ninagawa ya? :))

1 comment:

  1. Ganbatte!!! Inspiratif....dia sadar akan karirnya yg nantinya bisa mundur kalo tidak terus berusaha untuk memperbaiki kualitas..

    ReplyDelete